Senin, 28 Januari 2013

Sekilas Tentang Pangeran Carbon


Pangeran Carbon merupakan anak dari Pangeran Walangsungsang Cakrabuana dengan Ratna Risis. Pangeran Carbon setelah dewasa dinikah dengan Nyi Cupluk, putri Ki Gedeng Trusmi. Dari pernikahan mereka berputra anak sulung laki-laki, yaitu Pangeran Trusmi/ Pangeran Mangana Jati. Isterinya yang kedua yaitu  Nyi Mas Kencana Sari, puteri Pangeran Panjunan dengan Nay Matang Sari. Dari pernikahannya, pangeran Carbon dengan Nay Mas Kencana Sari berputera laki-laki, Ki Gedeng Carbon Girang namanya.
Pangeran Carbon sangat menghormati ayahnya, sehingga ia tidak berkeberatan jika Syekh Jati yang menggantikan posisi ayahnya menjadi penguasa Carbon.
Namun karena berguru kepada Syekh Lemah Abang yang  beraliran Syiah dan berambisi menjadi Raja Tanah Jawa, pada saat Susuhunan Jati berkuasa selalu terjadi perselisihan antara bala tentara Carbon dengan para ki gede yang memusingkan Kanjeng Sinuhun. Sehingga ketika Rajaa Demak, Raden Patah mengirimkan surat melakui Sunan Kudus[1] untuk meminta bantuan mengatasi masalah pengging (Syekh Siti Jenar/ Syekh Lemah Abang dan para pengikutnya), Susuhunan bersedia membantu, hingga berakhir pada ditangkapnya Syekh Siti Jenar dan di jatuhu hukuman mati, yang dilaksanakan oleh Sunan Kudus.


[1] Sunan Kudus merupakan pimpinan angkatan bersenjata kerajaan Demak.
http://pesambanganjati.blogspot.com/ , http://tasawufyepeje.blogspot.com/ http://alhadisyepeje.blogspot.com/ http://naskahcirebon.blogspot.com/ http://putrasangrasa.blogspot.com/ http://carubann.blogspot.com/ http://cirebonmasalalu.blogspot.com/ http://sahadatcerbon.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar